Cobek Menjadi Salah Satu Produk Unggulan Desa Jojog

Ditulis : Sabtu, 2017-12-30 - 11:03:47

Cobek Menjadi Salah Satu Produk Unggulan Desa Jojog

Cobek yang biasanya berbentuk bulat dan kemudian ada cekungan seperti piring sebagai alas dan tempat bumbu dihaluskan dengan ulekan atau munthu, dibentuk tidak langsung dari batu besar trus di bentuk,dibelah kecil dan di buat lmenjadi cobek.

Awalnya seluruh proses pembuatan cobek dilakukan hanya dengan tenaga manusia, dalam hal ini tenaga tangan dengan palunya. Seiring berjalannya waktu pembuatan cobek mengalami beberapa perubahan terkait dengan perkembangan teknology dan pengetahuan para pengrajin batu itu sendiri.Dalam pembuatan cobek saat ini menggunakan tatah dan juga dibantu dengan mesin gerinda.

tatah

Kerajinan ini dikerjakan oleh sebagian besar masyarakat Desa Jojog. Dalam 1 hari perorang bisa membuat ± 15pcs cobek,bahkan bisa membuat lebih dengan cobek ukuran tertentu,disamping membuat cobek,pengrajin batu di desa jojog ini juga membuat kerajinan batu lainnya diantaranya lumpang,muntu dll.

cobek lumpang

Kerajinan ini menjadi mata pencaharian sebagian masyarakat Desa Jojog, Adapun penjualannya dilakukan dengan di bawa ke pasar,ada yang ke Metro,Bandar Jaya,Pringsewu, Way Jepara dan sampai ke Palas Jaya.ada juga yang singgah dari luar kota untuk membeli kerajinan batu ini.

JOJOG